Site Overlay

Cara Menjaga Kualitas Suara Bluetooth Speaker dijamin Ampuh!

Bluetooth speaker data on

Mungkin anda merupakan tipe orang yang jika mendengarkan music harus menggunakan bluetooth speaker maupun sejenisnya. Kadangkala di temui bluetooth speaker yang kualitas suaranya sudah tidak jelas atau sudah tidak jernih lagi sehingga kebanyakan orang mengganti dengan yang baru. Nyatanya bluetooth speaker bisa awet jika anda merawatnya dengan baik dan benar.

Bluetooth speaker (BS01)

Lantas bagai mana cara merawat dengan baik dan benar? Berikut ini akan saya jelaskan hal-hal apa saja yang harus di lakukan, Stay tune sobat 😊

1.Kenali kemampuan speaker 

Bluetooth speaker (BS02)

Point pertama dalam merawat speaker yaitu memahami suara yang di hasilkan oleh speaker. Pastikan volume music player tidak mencapai 75% ataupun lebih agar suara yang di hasilkan tetap standar, Jangan memaksakan kemampuan speaker karna dapat merusak membrane loud.

Jangan lupa Jika anda ingin mematikan atau menghidupkan speaker pastikan volume pada speaker telah di kecilkan. Hal ini di lakukan agar tetap menjaga speaker supaya tidak bekerja secara spontan sehingga kualitasnya tetap terjaga.

2. Lepaskan kabel bila sudah tidak di gunakan.

sumber foto : welcommshop

kebiasaan sepele tetapi membawa pengaruh besar yang sering di lakukan oleh kebanyakan orang yaitu membiarkan kabel power speaker terus mencolok di stop kontak. nyatanya hal ini lah yang kerap menjadi penyebab  kerusakan pada speaker. Oleh sebab itu, Sebaiknya lepaskan kabel power speaker jika sudah tidak di gunakan selama berhari-hari. Tentunya Hal ini juga dapat menghemat pengeluaran biaya listrik.

3. Perhatikan spesifikasi speaker

Hal ini harus di ketahui secara persis untuk menilai kualitas yang di miliki oleh Bluetooth speaker saat di gunakan. Adapun hal yang harus di perhatikan dalam spesifikasi Bluetooth speaker yaitu anda harus melihat kapasitas daya batrai karena setiap merek speaker Bluetooth memiliki kapsitas daya yang berbeda-beda.

4. Perhatikan suhu ruangan

Berbicara soal suhu ruangan sepertinya menjadi hal yang harus di perhatikan untuk menjaga kualitas speaker itu sendiri. Bagai mana tidak, Menyimpan speaker di area atau ruangan yang panas akan menyebabkan kualitas suara pada speaker menurun secara perlahan sehingga memperpendek umur speaker. Oleh sebab itu, Simpan lah di area yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung.

5. Perhatikan kelembaban ruangan.

Tahukah anda, Ternyata udara di luar maupun di dalam ruangan yang terlalu lembab juga mempengaruhi kualitas speaker. Namun jika mengharuskan menggunakan speaker di luar ruangan anda harus memperkirakan cuaca terlebih dahulu karena jika terjadi hujan lalu speaker terkena tetesan air hujan, Maka hal itu dapat mengakibatkan karat pada bagian speaker yang terkena air hujan.

6. Bersihkan speaker secara rutin

Jangan biarkan speaker sampai berdebu! . Namun mustahil jika benda – benda seperti speaker tidak terkena debu. Solusinya anda dapat menggunakan penyedot debu  untuk membersihkan speaker secara berkala. Jangan menggunakan air ataupun lap basah saat ingin membersihkannya cukup menggunakan lap kering atau kuas saja.

Semoga artikel ini bermanfaat, selamat  mencoba dan jangan lupa di share 😊

Tinggalkan Balasan